Cara Memperbaiki Mouse Komputer USB Dan PS2

Cara memperbaiki mouse komputer Usb dan Ps2 - Mungkin anda sering sekali mengalami saat menggunakan mouse cursor tidak mau digerakkan dan klik juga tidak berfungsi, padahal lampu-led masih bisa menyala dan inipun sering saya alami sendiri, berikut ini beberapa solusi mudah untuk memperbaikinya. dan Alat yang perlu anda persiapkan adalah sebagai berikut : Obeng + kecil, Solder, Timah, Gunting/Cutter, Multi tester.

MOUSE

Memperbaiki Mouse Sendiri

1. Optic-Lampu Menyala Tapi Cursor Macet-Tidak Bisa Bergerak

Penyebanya adalah: karena seringnya mouse digerakkan dan ini mengakibatkan kabel mouse akan tertarik ke kanan-kiri depan dan belakang sehingga lambat laun kabel akan mengalami kerapuhan sehingga akan ada kabel yang terputus didalam, dan biasanya putusnya kabel pada pangkal mouse tersebut. dan ini sering saya alami sendiri, sebelum saya membeli mouse yang baru maka saya akan periksa terlebih dahulu kabelnya dengan menggunakan multi tester, Dan seperti contoh pada gambar diatas itu adalah mouse saya yang sering mengalami putus kabel, dan karena sering saya potong maka kabelnya hanya tinggal 10cm yang dulunya sekitar 1m. :).

mouse hardware

Solusinya: Silahkan buka mouse tersebut, silahkan test kabelnya dengan multi tester, bila putus, maka potonglah kabel kira-kira 5-10cm dari pangkal mouse, kemudian silahkan di test lagi masih ada yang putus apa tidak, dan bila ok, kemudian pasang kembali kabel tersebut dan coba anda test apakah mouse anda sudah normal kembali.

2. Cursor Bergerak Normal Tapi Tidak Mau Diklik

Dengan seringnya dipakai apalagi buat ngegame, maka tombol untuk klik ini akan mengalami kerusakan pada pegas biasanya tombol yang normal akan terasa seperti ada pegasnya pada saat diklik dan terdengar bunyi klik yang renyah :). 

Solusi: jika tombol sudah tidak normal maka dengan terpaksa anda harus menggantinya, cari tombol yang sama yang sekiranya masih bagus pada mouse yang sudah tidak anda gunakan, atau anda bisa membelinya di toko sparepart elektronik terdekat, kemudian pasang kembali tombol yang masih normal tadi pada mouse seperti awal kemudian pasangkan kembali dan silahkan lihat hasilnya.

Demikianlah tutorial singkat dari saya tentang bagaimana cara memperbaiki mouse usb/ps2 pada komputer atau laptop, dan semoga dengan panduan ini anda bisa meminimalisir pengeluaran uang untuk membeli mouse yang baru.

0 Response to "Cara Memperbaiki Mouse Komputer USB Dan PS2"

Posting Komentar

Terima Kasih. "SUKSES SELALU UNTUK ANDA"